logo-raywhite-offcanvas

23 Jan 2024

Smart Door Lock : Banyak Lebihnya Atau Kurangnya?

Smart Door Lock : Banyak Lebihnya Atau Kurangnya?

Rumah merupakan salah satu tempat yang aman untuk berlindung dari mara bahaya. Rumah yang baik harus menyediakan keamanan yang terintegrasi dengan baik. Biasanya rumah sudah memiliki sistem keamanan yaitu dengan menggunakan kunci seperti yang digunakan pada motor atau mobil. Rumah kalian masih menggunakan sistem keamanan kunci konvensional? Apakah kalian sudah mengetahui sistem keamanan bagi rumah kalian yang terbaru? Smart door lock namanya.

Apa itu smart door lock? Pada dasarnya ini juga merupakan salah satu sistem keamanan yang digunakan pada rumah. Namun, bedanya teknologi ini tidak lagi menggunakan kunci konvensional, melainkan sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih dan mutakhir untuk membuka pintu rumah kalian. Sistem yang disediakan juga berbagai macam mulai dari fingerprint, menggunakan PIN, Password, kartu layaknya hotel, bahkan hingga sensor wajah.

Smart door lock sudah menjadi banyak pembahasan di luar sana. Apakah teknologi ini banyak keuntungannya atau malah banyak kurangnya? Simak beberapa keuntungan dan juga kerugian menggunakan smart door lock.

KELEBIHAN
Kunci Fisik? Tak Perlu
Kelebihan yang pertama adalah dengan menggunakan smart door lock kita menjadi dimudahkan untuk tidak lagi membawa kunci berupa fisik. Kalian sudah dapat memasuki rumah kalian dengan menggunakan kode PIN, fingerprint, atau akses melalui smartphone kalian. Hal ini menjadi sebuah keunggulan menggunakan smart door lock.

Mudah Memantau Kondisi Rumah
Beberapa model smart door lock sudah memberikan fitur yang canggih seperti kamera kecil yang tertanam pada perangkat tersebut. Hal ini menjadi keuntungan karena kalian tidak perlu lagi khawatir untuk melihat dan menjaga rumah kalian karena dapat diakses melalui smartphone kalian.

Mengatur Siapa Saja Yang Boleh Masuk
Hal ini menjadi sebuah keuntungan juga karena menjadikan kalian sebagai bos di rumah. Karena dengan adanya fitur yang canggih yang tertanam pada smart door lock kalian dapat memilih siapa yang boleh memasuki rumah dan siapa yang tidak boleh. Fitur ini biasanya memerlukan beberapa data dan kalian bisa mengaturnya sendiri.

Mudah Diakses Saat Darurat
Jika smartphone kalian sudah terhubung dengan smart door lock , perangkat ini dapat membantu kalian dalam menghadapi hal darurat. Biasanya smart door lock sudah dilengkapi sensor untuk gerakan dan asap. Jadi ketika gempa dan kebakaran terjadi, pintu kalian akan otomatis terbuka tanpa harus memasukkan PIN atau fingerprint.

KEKURANGAN
Rawan Diretas
Selain kelebihan diatas, kekurangan yang dimiliki perangkat ini adalah dengan rawan diretas. Karena menggunakan akses internet dan menghubungkan dengan smartphone kalian dapat menjadi resiko diretas.

Harga Mahal
Karena fiturnya yang dibilang sudah canggih, harga yang dipatok oleh perangkat ini cukup menguras dompet dibandingkan dengan kunci rumah pada biasanya. Terdapat berbagai macam jenis smart door lock yang terjual bebas di pasaran mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal tergantung dengan fitur yang diberikan.

Lupa Kode
Manusia tidak luput dari lupa. Maka dari itu, kelemahan berikutnya adalah lupa terhadap kode yang sudah kalian masukkan sendiri. Untuk menghindari hal ini, kalian dapat menulis ulang PIN yang sudah kalian buat pada smartphone kalian. Kalian tidak ingin terkunci dari luar oleh rumah sendiri bukan?

Beberapa contoh diatas adalah kekurangan dan kelebihan memiliki smart door lock. Apakah kalian sudah memilih untuk menggunakan perangkat ini atau tetap nyaman dengan keamanan dengan kunci konvensional? Ray White Projects and Commercials menyediakan berbagai macam rumah impian kalian. Ray White Projects and Commercials siap mewujudkan impian kalian agar menjadi nyata. Ray White Projects and Commercials hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White Projects and Commercials. Info lebih lengkap dapat mengunjungi website di Ray White Projects. Ray White? Find your dream house!

Share