logo-raywhite-offcanvas

17 Jan 2024

Rumah di Jepang bisa kuat tahan gempa?! Begini penjelasannya!

Rumah di Jepang bisa kuat tahan gempa?! Begini penjelasannya!

Negara Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Timur, membentang di sepanjang Samudra Pasifik. Jepang terdiri dari empat pulau utama, yaitu Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Ibukota Jepang adalah Tokyo, yang juga merupakan kota terbesar di negara ini. Jepang merupakan salah satu kota yang mengandung kultur beraneka ragam. Mulai dari budaya, makanan, adat istiadat, dan masih banyak lagi.

Namun, Jepang merupakan negara yang paling sering terkena gempa bumi karena Jepang terletak di wilayah yang sangat rawan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di zona pertemuan tiga lempeng tektonik utama, yaitu Lempeng Pasifik, Lempeng Filipina, dan Lempeng Eurasia. Pertemuan lempeng-lempeng ini menciptakan suatu area yang disebut Cincin Api Pasifik, yang dikenal dengan aktivitas seismik dan vulkanik tinggi.

Bangunan infrastruktur di Jepang telah mengembkangkan teknologi canggih untuk merespon serta menghadapi guncangan gempa bumi. Mengapa bisa? Simak alasannya!


Memiliki dua tingkat ketahanan
Pertama, bangunan akan dibangun agar tahan terhadap gempa kecil yang kemungkinan akan dialami sebanyak tiga sampai empat kali dalam masa pakainya. Untuk bangunan ini tidak menerima perbaikan, karena bangunan harus dirancang sedemikian rupa sehingga lolos dari gempa bumi tanpa cacat sedikitpun. Tingkat ketahanan yang kedua adalah dengan menahan gempa yang lebih ekstrim dibandingkan gempa biasanya. Dengan gempa ekstrim ini, melestarikan bangunan dengan sempurna sudah bukan lagi menjadi tujuan utama, yang penting keselamatan dari manusia itu sendiri.

Bantalan atau peredam kejut
Struktur bangunan diganjal dengan bantalan karet atau peredam kejut. Cara yang sederhana adalah dengan menggunakan bantalan karet setebal 30-50 cm. Dimanapun kolom bangunan turun ke pondasi, mereka duduk diatas bantalan karet ini. Peredam cenderung terlihat seperti pompa sepeda, tapi diisi dengan cairan dan bukan udara.

Metode lain
Metode lain yang dapat digunakan selain yang disebutkan diatas adalah dengan melibatkan tata letak serta desain dari bangunan itu sendiri

Kalian sudah mengetahui bagaimana rumah di Jepang dapat tahan akan guncangan gempa bukan? Ray White Project and Commercials juga memiliki beberapa bangunan dengan desain yang unik dan sudah bekerjasama dengan developer ternama. Rumah dengan desain yang unik cocok untuk kalian yang sedang mencari hunian dapat kalian temukan di Ray White Projects and Commercials. Ray White Projects and Commercials siap membantu kalian mencari hunian yang nyaman untuk dihuni. Hubungi lebih lanjut melalui website kami di Ray White Projects.

Share